Rabu, 14 Desember 2016

Wisata Alam yang Ada di Yogyakarta

Yogyakarta memang terkenal sebagai kota pelajar juga merupakan kota unik dnegan adat Yogyakarta yang kental. Yogyakarta memang menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal di Indonesia apalagi dari Yogayakarta ini kita bisa menuju ke Candi Borobudur yang sangat terkenal. Kota Yogyakarta sendiri berkembang menjadi kota yang mencampurkan modernitas dengan adat istiadat yang masih kental. Bila kita mengunjungi Yogyakarta pastinya kita kan terkesima dengan jalan Malioboro yang dipenuhi oleh berbagai dagangan yang menjual berbagai macam souvenir seperti baju, sepatu, topi sampai pulpen unik khas Malioboro. 

Namun yang akan saya bahas disini bukanlah tentang kota Yogyakartanya tapi wisata alam yang bisa kita kunjungi di daerah Yogyakarta ini. Mari kita lihat wisata alam apa saja yang bisa anda kunjungi selagi berlibur ke Yogyakarta.

Tempat Wisata Bukit Bintang Yogyakarta

Bukit Bintang adalah tempat wisata yang terletak di perbukitan Pathuk yang berada di Gunung Kidul. Sebenarnya sih nama aslinya Bukit Hargo Dumilah tetapi lebih dikenal dengan nama Bukit Bintang karena sesuai namanya dari bukit ini anda bisa melihat indahnya lampu-lampu yang ada di kota Yogyakarta yang  menyerupai kerlap-kerlip bintang.

Biasanya sih pengunjung bukit bintang adalah anak muda dengan pasangannya untuk mencari keromantisan namun ada juga keluarga yang menikmati pemandangan di bukit bintang ini. Nah kalau waktu yang tepat untuk melihat bintang kan pada malam hari maka tempat ini akan lebih indah bila anda kunjungi di malam hari walaupun anda bisa juga berkunjung di siang hari. Udara disini cukup dingin juga loh mungkin dikarenakan letaknya yang mempunyai ketinggian 150 meter di atas kota gudeg ini kali ya...

Karena bukit bintang setiap tahun semakin ramai akan pengunjung maka warga sekitar pun mulai beralih menjadi seorang pebisnis, ya kecil-kecilan sih namun ada juga yang besar dan sebagian besar usahanya bergerak di bidang kuliner jadi kalau anda mengunjungi bukit bintang ini anda bisa menikmati pemandangan sambil menikmati makanan dan minuman seperti jagung bakar, roti bakar, pisang bakar, kopi panas dan sebagainya.

Tempat Wisata Telaga Warna yang Menawan

Satu lagi tempat wisata yang terkenal di Yogyakarta yang pastinya wajib anda kunjungi adalah Telaga warna. Telaga ini terletak di desa Dieng yang kira-kira berjarak 114 km dari Malioboro. Tempat wisata ini cukkup terkenal loh dan merupakan tempat wisata andalan dari kabupaten Wonosobo. Pastinya kalau mengunjungi telaga ini pakailah pakaian yang agak tebal ya, karena terletak di keetinggian 2000 meter sari permukaan laut tentunya akan membuat cuacanya terasa dingin. Selain pemandangan yang sangat asri dengan hutan yang rimbun, anda juga bisa melihat beberapa kompleks candi yang menambah daya tarik Telaga Warna ini. Jika anda penasaran kenapa telaga ini diberi nama Telaga Warna, sebenarnya hal tersebut dikarenakan olehairnya yang bisa berganti-ganti warna mulai dari kuning, hijau dan kadang seperti warna pelangi.

Fenomena alam yang unik menjadi daya tarik dari telaga ini dan bukan hanya sebagai tempat wisata yang menambah pemasukan kepada warga sekitarnya tapi juga berguna bagi irigasi untuk mengairi ladang kentang yang menjadi sumber mata pencaharian dari sebagian besar warga Dieng. Selain Telaga Warna ada juga beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi di area tersebut seperti Goa Semar, Goa sumur, Telaga Pengilon, Kawasan Sikidang dan Goa Jarang.

Tidak ada komentar: