Rabu, 14 Desember 2016

Keindahan Taman Nasional dan Air Terjun di Lombok

Nah artikel saya yang satu ini akan membahas mengenai tujuan wisata alam yang ada di pulau Lombok selain pantai-pantainya. Memang Lombok merupakan Pulau yang menawarkan banyak tujuan wisata yang indah dan juga alami. Anda bahkan bisa melihat bintang-bintang di malam hari sekana-akan melihat ke planetarium karena udara yang masih bebas akan polusi. 

Pertama kali saya ke sana bahkan jalan berasapal pun baru dibanngun di Lombok Tengah dan mobil merupakan sesuatu yang ajaib untuk warga asli lihat. Nah Taman Nasional Gunung Rinjani dan juga Air Terjun Sendang Gile merupakan dua tempat wisata bagi anda yang  mencintai pengalaman di alam yang indah. Yuk kita lihat lebih jelas mengenai kedua tempat wisata ini.

Tempat Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional ini seringkali menjadi tempat pendakian favorit bagi mereka yang suka sekali mendaki.  Taman Nasional Gunung Rinjani ini memang terletak di Gunung Rinjani dengan luas area sekitar 41.330 hektar yang akan menyajikan pemandangan dari savana dan juga hutan hujan yang lengkap dengan ekosistem dan juga flora faunanya.


Gunung Rinjani memang merupakan gunung berapi yang memiliki pemandangan yang indah dan salah satunya adalah Segare Anak yang merupakan danau yang terbentuk saat Gunung Rinjani meletus ratusan tahun yang lalu dan mempunyai warna seperti laut yang mebuat warga sekitar menyebutnya Segara Laut. Untuk mencapai danau alami ini maka nada harus mendaki gunung Rinjani terlebih dahulu karena danau ini terletak sekitar 2.800 meter dan anda juga bisa menemui berbagai macam jenis ikan juga di danau ini. Kepercayaan warga sekitar mengatakan bahwa air di danau ini mempunyai khasiat penyembuhan dan sering digunakan pula sebagai tempat ritual pemujaan dan untuk medapatakan segala macam benda-benda sakti tapi saya harap bukan itu tujuan anda ke danau ini ya.

Jika anda ingin pergi ke Taman Nasional ini maka anda cukup membayar sebesar 27 ribu rupiah dan anda bisa sampai ketempat ini dengan menggunakan kendaraan namun bila anda backpackers maka anda bisa menaiki bis dari terminal Mataram yang menuju ke Anyar lalu dilanjutkan dnegna bemo ke Senaru yang total ongkosnya hanya sekitar 25 ribu rupiah cukup murahlah mengingat jarak yang ditempuh.

Tempat Wisata Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile merupakan objek wisata yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang saya bahas di atas. Air terjun ini memang jarang dikunjungi dan terletak di desa Senaru. Bagi mereka yang akan melakukan pendakian pastinya berhenti dulu di air terjun ini karena memang air terjun ini menjadi gerbang bagi jalur pendakian ke Gunung Rinjani.

Seperti semua air terjun maka air terjun Sindang Gile pun memiliki sumber mata airnya yaitu mata air kaki dari Gunung Rinjani yang sangat jernih dan alami serta masih sangat bersih. Konon air terjun ini ditemukan oleh warga saat mereka memburu seekor singa gila yang mengacaukan kampung pada saat itu dan penduduk awalnya menyebut air terjun ini dengan kata Senggang Gile yang lama kelamaan berubah menjadi Sendang Gile. 

Ada kepercayaan dari warga setempat bahwa ada kekuatan magis yang bisa membuat ornag yang mandi di air terjun ini menjadi lebih muda namun itu hanyalah kepercayaan terserah anda mau percaya atau tidak. Nah sekian artikel saya ini mengenai tempat wisata lainnya yang ada di Pulau Lombok. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat berlibur.

Tidak ada komentar: