Jumat, 16 Desember 2016

Keindahan Alam yang Ada di Yogyakarta

Bila anda memutuskan untuk berwisata ke daerah Yogyakarta maka sebaiknya anda membaca terlebih dahulu artikel ini sebagai referensi untuk tempat-tempat yang bisa anda kunjungi saat berada di Yogyakarta selain Candi Borobudur. Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai dua pantai yang ada di Yogyakarta yang mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak kalah dari Pantai Kuta di Bali yaitu Pantai Cinta Sadranan dan Pantai Pok Tunggal. Yuk kita lihat kenapa anda wajib mengunjungi kedua pantai ini saat berada di Yogyakarta.

Tempat Wisata Pantai Cinta Sadranan yang Romantis



Pantai Cinta Sadranan ini berada di tengah-tengah antara Pantai Sundak dan juga Pantai Krakal. Nama Sadranan sendiri di berikan kepantai ini karena ritual Nyadran yang sering dilakukan di pantai ini. Ritual Nyadran merupakan ritual yang dilakuakn warga setempat dengan menaburkan sesajen berupa bunga-bungaan ke laut. Disini anda akan menemukan pantai dengan pasir yang putih dan juga lembut selain itu lautnya juga tenang karena adanya karang –karang disekitarnya. Nah pertanyaannya kok bisa dikasih nama “Cinta”? Pantai ini mendapatkan nama “Cinta” karena seringnya pasangan yang memilih pantai ini sebagai tempat melakukan proses foto pre-wedding.

Kalau anda seorang backpacker maka anda juga bisa ber-kemah di pantai ini tapi jika anda datang bersama keluarga anda maka anda juga bisa menginap di penginapan-penginapan yang ada di sekitar pantai tersebut. Biasanya penginapan-penginapan tersebut terletak di bukit-bukit yang memberikan pemandangan yang menakjubkan dari pantai Cinta Sadranan ini. Ada baiknya bila anda membawa senidri bekal anda bila mengunjungi pantai yang satu ini namun ada juga sih beberapa warung makan yang menyediakan makanan dan minuman bagi para wisatawan. Jika anda ingin mengunjungi pantai ini maka anda bisa mencapainya setelah menempuh perjalanan selama 2 jam atau 3 jam dari Malioboro.

Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal

Nah kalau pantai yang satu ini masih tergolong tempat wisata yang baru di Yogyakarta namun sudah menarik perhatian dari banyak wisatawan semenjak dibuka pada tahun 2012. Lokasi dari Pantai Pok Tunggal ini diapit oleh Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Letaknya ada di desa Tepus di Yogyakarta namun saat mengunjungi pantai ini jangan sampai buang sampah sembarangan ya... karena kebersihannya sangat dijaga sehingga jika ada wisatawan yang membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar 10 ribu rupiah.

Keindahan dari Pantai Pok Tunggal ini adalah pemandangan ynag menakjubkan dan indah serta adanya perbukitan karst dan diapit oleh tebing-tebing yang menjulang yang merupakan tebing karang. Jika anda mengunjungi pantai ini anda akan melihat sebuah pohon yang masih sangat kokoh berdiridan merupakan pohon yang langka yaiitu Pohon Duras atau Pohon Pok Tunggal dan dari situlah nama pantai ini berasal. Perbukitan karst memiliki aliran air dibawahnya ynag menyediakan sumber air tawar yang tampaknya cukup unik karena biasanya air di sekitar pantai merupakan air payau dan bukan air tawar. Air inilah yang menjadi sumber air penduduk di sekitar pantai tersebut.

Jika anda mau berenang pun bisa karena pantainya cukup landai kok dan anda juga bisa melihat beberapa monyet yang melompat kesana kemari di bukit-bukit. Karena pengunjung pantai ini sangat ramai maka pengelolanya pun membuat perkembangan seperti warung-warung makan dan gazebo-gazebo untuk beristirahat. Nah bila anda mau mengunjungi pantai ini bisa menggunakan kendaraan pribadi sekitar 2 jam perjalanan karena jarak tempat wisata ini sekitar 70 km dari pusat Yogyakarta.

Tidak ada komentar: