Senin, 12 Desember 2016

Air Terjun Coban Rondo yang Eksotik


Air Terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang paling dikenal di kota Malang dibandingkan dengan semua air terjun yang ada di kota Malang tersebut. Tentunya bukan tanpa alasan kenapa air terjun yang satu ini menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun wisatawan internasional yang sedang berkunjung atau berlibur ke kota Malang. Yuk lihat lebih lanjut tentang air terjun Coban Rondo ini di artikel saya mengenai tempat wisata yang ada di Malang.

Tempat Wisata Air Terjun Coban Rondo yang Indah

Air terjun Coban Rondo terletak di desa Pandesari dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang. Seperti tempat wisata lainnya di Indonesia maka air terjun ini pun punya legendanya sendiri loh. Mitosnya dulu ada sepasang pengantin baru yang sangat bahagia yaitu Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Saat pernikahan mereka memasuki usia 36 hari atau menurut adat Jawa disebut Selapan maka mereka ingin merayakannya dengan pergi kerumah orang tua dari Dewi Anjarwati di Gunung Anjasmoro. Mereka diperingati untuk tidak pergi karena penagntin baru di usia pernikahan Selapan dilarang masuk ke Gunung tersebut namun karena kedegilan kedua pasangan tersebut maka mereka tetap pergi dan ditengah jalan mereka dihadang oleh Joko Lelono yang terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati tersebut. Demi menyelamatkan istrinya maka Raden menyuruh bawahannya untuk menyembunyikan sang istri di air terjun (Coban) dan kemusian Raden bertempur melawan Joko hingga keduanya tewas yang meninggalkan Dewi menjadi janda (Rondo). Nah itulah legenda yang dipercaya oleh warga setempat mengenai air terjun tersebut.

Nah menurut geografis lokasi air terjun tersebut sebenarnya air terjun Coban Rondo tersbut berasal dari Cemoro Dudo yang merupakan sebuah mata air. Tinggi air terjun ini sekitar 84 meter dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1980. Magnet yang menarik wisatawan untuk pergi ke air terjun ini adalah panorama dari air terjun tersebut, keindahan alam di sekitarnya dan juga suasana pegunungan yang masih alami serta udara yang bersih. Jika anda pergi kepada hari libur maka anda akan melihat lonjakan yang tinggi dari pengunjung di tempat wisata yang satu ini.

Namun tetap ada peraturan yang harus dituruti oleh para wisatawan termasuk anda jika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini demi keamanan anda sendiri yaitu jangan pernah mandi disana dan jangan berada tepat dibawah air terjun itu. Jika anda melihat tanda-tanda turun hujan maka sebaiknya urunngkan niat untuk pergi kesana atau bila anda sudah berada disana maka segeralah meninggalkan lokasi wisata tersebut karena adanya resiko akan bencana banjir ataupun bencana longsor.

Wahana Permainan di Tempat Wisata Coban Rondo

Bila anda bisan dengan air terjunnya maka anda tidsak perlu terburu-buru meninggalkan lokasi wisata yang satu ini karena ada beberapa wahana permainan yang terletak disekitar air terjun Coban Rondo ini seperti Fun Tubing, Paint Ball, Shooting Target, dan beberapa wahana yang terletak di lokasi wisata dan satwa yang ada di wilayah air terjun tersebut.

Oleh-Oleh dari Coban Rondo

Di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa toko souvenir dan juga toko yang menjual oleh-oleh khas Malang jadi anda bisa membeli souvenir, makanan, minuman dan juga minuman hangat untuk menghangatkan tubuh anda. Bila anda ingin makan jagung bakar pun bisa karena banyak warung yang menyediakan jagung bakar bagi para pengunjung.


Nah jika anda tertarik untuk pergi ke air terjun ini maka anda hanya perlu membayar 8 ribu rupiah kalau anda warga Indonesia namun jika anda warga asing maka anda harus membayar 10 ribu rupiah. Sekian artikel saya ini dan selamat berlibur.

Tidak ada komentar: