Sabtu, 17 Desember 2016

Tempat Wisata Goa Pindul dan Air Terjun si Gethuk di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata yang sering dipilih oleh sebagian besar masyarakat Jakarta terutama bagi yang berkeluarga. Saya sendiri sudah mengunjungi Yogyakarta semenjak saya kecil. Mungkin bila ditanya mengenai Yogyakarta maka yang pertama kali timbul di benak orang adalah Malioboro, lesehan, gudeg dan Candi Borobudur namun tempat wisata yang meanrik di Yogyakarta bukan hanya berkisar disitu-situs aja karena ternayta Yogyakarta juga memiliki berbagai pantai-pantai yang indah, goa dan juga air terjun yang tentunya sangat memukau. 

Di artikel saya kali ini saya akan memberikan informasi unutk Goa Pindul dan air terjun Sri Gethuk yang ada di Yogyakarta. Mari kita llihat satu demi satu tempat wisata alam yang menakjubkan ini.

Tempat Wisata Goa Pindul di Yogyakarta

Goa Pindul ini memang sudah lama ada karena gak mungkin kan sebuah goa tercipta dalam hitungan hari kecuali goa buatan tentunya namun Goa Pindul ini baru dibuka untuk umum tahun 2010. Goa ini terletak di dusun Gelaran 1 di Karangmujo, Yogyakarta. Legendanya dulu ada seoranng pemuda bernama Joko Singlulung yang menyusuri goa  dan hutan demi mencari sang ayah yang telah hilang. Saat sampai di goa ini kepalanya terbentur (Pipi Kejendul dalam bahasa Jawa) yang menyebabkan goa ini diberi nama Goa Pindul.

Keunikan dari goa ini adalah stalaktit dan juga stalakmit yang mempunyai warna putih seperti kristal di sudut-sudut goa tersebut. Disana anda juga akan melihat stalaktit ynag bila dipukul bersuara seperti gong ynag akhirnya disebut sebagai stalagtit gong. Ditengah-tengah goa anda juga bisa melihat ruangan yang sanagt besar dimana ada lubang di sebelah atasnya yang mengijinkan masuknya sinar matahari sungguh memberi pemandangan yang eksotis bagi para pengunjungnya. Buat yang menikmati adventure atau petualangan alam maka anda bisa melakukan cave tubing yaitu meyusuri aliran sungai yang mengalir ke dalam perut goa menggunakan ban mobil tapi jangan khawatir karena aliran airnya cukup tenang kok. Jika anda berminat bermain cave tubing ini anda cukup membayar 30 ribu aja kok yang penting minimal 5 orang dan cave tubing ini buka dari jam 8 pagi hinngga 4 sore namun sebaiknya anda datang diantara jam 9-10 pagi karena itu waktu terbaik untuk cave tubing.

Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta

Nah kalau air terjun yang satu ini tentunya sudah familiar diantara para pecinta alam. Air terjun ini terletak di desa Bleberan dan mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Walaupun daerah Gunung Kidul terkenal akan daerah yang kering namun air terjun ini tetap mengalir sepanjang tahun dikarenakan adanya tiga mata air yaitu Dong Poh, Ngumbul dan juga Ngandong yang muncul dari dalam tanah yang kemudian akan masuk melalui tebing yang tinggi dan mengalir ke sungai Oyo.

Disini anda bisa berenang atau menyewa ban seharga 2 ribu rupiah atau menyewa kapal seharag 5 ribu rupiah untuk menyusuri kawasan di sekitar air terjun ini. Jika anda mau memancing pun ada fasilitasnya dan juga ada berbagai warung makan yang menyediakan makanan seperti tiwul tempe penyet yang terkenal dengan harga sekitar 4 ribu rupiah dan berbagai minuman. Anda bisa mencapai tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan sekitar 1 jam karena jaraknya hanya 40 km dari pusat kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar: