Senin, 12 Desember 2016

Air Terjun dan Taman Nasional di Bali

Bali mungkin merupakan kota di Indonesia yang paling terkenal diluar negeri dan menjadi salah satu pilihan tujuan wisata bagi para wiatawan mancanegara oleh karena itu anda dapat menjumpai para turis yang berasal dari berbagai negara yang berbeda di Bali. Keindahan alam dan juga kebudayaan Bali merupakan daya tarik yang membuat para turis tetap mengunjungi pulau Dewata tersebut setiap tahunnya. Nah dari sekian banyak tempat wisata saya akan membahas tentang air terjun Tegenungan dan Taman Nasional Bali Barat yang ada di Bali. 

Mari kita lihat kedua tujuan wisata yang bisa anda singgahi bila sedang berlibur ke Bali.

Keindahan Tempat Wisata Air Terjun Tegenungan

Ternyata Bali juga bisa menawarkan keindahan alam lainnya selain pantainya yang sudah terkenal sampai ke mancanegara dan salah satunya adalah air terjun Tegenungan. Air Terjun ini dikenal juga dengan Air Terjun Kemenuh. Lokasinya berada di Sungai Tukad Petanu sekitar 16 kilometer dari kota Denpasar. Uniknya air terjun yang satu ini berada di dataran rendah. Meskipun termasuk pendek untuk ukuran sebuah air terjun namun jangan meremehkan debit airnya karena cukup deras dan menyegarkan pula. Pemanadangan yang tersedia membuat lokasi disekitarnya cocok untuk dilakukan pemotretan ataupun yang ingin membuat foto pre-wedding pasti akan romantis.

Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap seperti air pancuran, pemandian, wrung makan, dan juga penginapan. Untuk bisa sampai di tempat  wisata yang satu ini maka anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum yang akan memakan waktu tempuh sekitar setengah jam dari Denpasar. Kalau perginya sih enak karena hanya menuruni 150 anak tangga namun pulangnya yang menjadi tantangan jadi  jika anda mau pergi ke air terjun ini maka sebaiknya pastikan kondisi anda siap dan mampu untuk mendaki 150 anak tangga saat anda akan meninggalkan air terjun tersebut.

Tempat Wisata Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat merupakan alternatif tujuan wisata lainnya jika anda sedang berlibur ke pulau Bali ini. Lokasinya terletak lebih mendekati pulau Jawa yang mencakup area seluas 19 ribu hektar dimana 3200 hektar merupakan area yang terdiri dari terumbu kerang, perairan dan juga pesisir pantai. Uniknya dari Taman Nasional yang satu ini adalah banyaknya tumbuhan pesisisr dan bukan tumbuhan tropis. Hal ini dikarenakan sang hujan yang jarang sekali berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat ini. Tapi hal ini tentu saja terlihat berbeda pada bagian selatan dari Taman Nasional ini karena sang hujan cukup sering mengunjingi bagian ini sehingga kita bisa  melihat hutan bakau dan berbagai tumbuhan tropis di bagian ini.

Jika anda mengunjungi Taman Nasional ini maka anda berkesempatan untuk melihat sekitar 200 spesies dari tanaman dan juga 300 spesies burung serta satwa lainnya yang terdapat di Taman Nasional ini. Kalau anda ingin mendaki di Taman Nasional ini juga bisa asalkan anda menyewa jasa seorang pemandu bersertifikat yang disediakan di pintu masuk dengan harga 400 ribu rupiah aja. Enaknya lagi kalau anda menyewa jasa seorang pemandu maka anda akan dibawa melalui jalur pendakian yang aman dan bisa melihat satwa-satwa liar sepanjang jalur pendakian yang ditunjukkan.

Nah kalau anda memang rencana untuk mendaki maka saya sarankan agar anda datang sehari sebelumnya agar bisa berangkat mendaki pagi-pagi sekali atau setidaknya anda datang di Taman Nasional Bali Barat ini pada pagi hari. Pintu masuk ke TNBB ini sih dekat dengan pelabuhan Gilimanuk jadi anda bisa menggunnakan bemo atau bis yang akan menurunkan anda tepat di pintu masuk TNBB.

Tidak ada komentar: